REKAMAN SEJARAH PERJALANAN HEALTHYBODY SICKMIND



Stage 1

Pakwii a.k.a Dwi Parmudito :
Waktu itu kalo gak salah tahun 1996 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 184 Pekayon Jakarta Timur, awalnya bikin band sama Bekti dan Irwan karena memang satu sekolahan dan sama-sama suka musik, mulanya sih main lagu apa aja yang kita bisa, gw gitar sambil nyanyi, si bekti main bass dan irwan main drum, waktu itu kita sering cover lagunya Rancid “Journey to the End”, operation ivy “Take Warning, Sound System dst…., juga sering cover greenday dan off spring.

Olan Siregar :
Waktu itu tahun waktu dimana masanya anak sma hobi bikin band, dan band itu terbagi jadi beberapa stereotype, yang keren dan tajir main acid jazz, keren tajir menengah main Britpop, keren dan biasa aja main alternative, yang keren dan niat banget nyari duit mainin prambors top 40, dan yang gak keren dan gak tajir mainnya ska, nah ini yang di pilih sama Healthybody Sickmind.
Tapi bukan berarti personilnya gak suka sama weezer atau brand new havies, bukannya gak tau “children” Robert miles atau gak hapal lirik “never found some one like you” milik Keith Martin, atau sebel sama cemprengnya Bitter Sweet Symphony, tapi yang pasti kami seolah terhipnotis oleh briliannya suatu kerusuhan dan gak enaknya musik dari operation ivy, dari sinilah kami memilih musik ska ini.

Pakwii a.k.a Dwi Parmudito :
Nah, pas masuk Sekolah Menengah Atas Negeri 98 Jakarta Timur, kebetulan kenal sama Adam yang bisa main drum, tadinya gw diajak buat bantu bandnya dia, walhasil gentian malah gw bajak buat masuk di band ini, waktu itu dia yang ngajak mainin Ska macam goldfinger, Mighty-Mighty Bostones dan kita juga cover band Waiting Room yang judulnya “ruang tunggu”, Kebetulan juga Olan satu kelas sama gw.

Olan Siregar :
Mulanya dui yang tadinya menurut pandangan gw dia tuh anak punk rancid SMP yang komplit sama tas buluk dan penitinya, trus ada adam yang punya ciri seattle sound pas lagi nge-gebuk drum dan cukup ganteng di jaman itu buat bikin band, ada juga bekti temennya dui dari SMP yang main bass, trus ada gw yang merupakan penikmat musik yang benci banget sama “sampaikan salam untuk dia” dari Voodoo, tapi sayangnya gak bisa main alat musik tapi cukup nyaman sama suara vocal gw pada masa itu dan pengen banget ikutan nge-band tapi bingung ngomongnya ke dui.
Tapi kesampaian juga pas ada tugas seni dari sekolah buat perform akustikan di depan kelas, waktu itu pas satu kelompok sama dui, dia pegang gitar, trus adam pegang gitar juga dan gw nyanyi, walau terlihatnya seperti maksa gabung ikutan nyanyi. Gak disangka penampilan kita yang cover lagu “married with children” oleh oasis dapat apresiasi yang baik dari guru, trus di minta untuk tampil di pensi SMA kita, tapi sayang dui nolak karena buat dia anak punk, gak mungkin manggung bawain Oasis, Setelah itu gak sengaja kaset operation ivy punya dui kebawa sama gw.

Pakwii a.k.a Dwi Parmudito :
dan awal mulanya nyambung obrolan gegara kaset kita ketuker, kan jaman itu beli kaset asli mahal, jadi kita cuma bisa nge-rekam di kaset kosong yang harganya lebih murah, karena tuh kaset serupa, ketukerlah mereka ( ketawa ngakak), olan punya rekaman Vandals dan gw kaset Operation Ivy, trus ketauannya gara-gara Olan nyanyi Operation Ivy, nah gw langsung mikir “jangan-jangan kaset gw ama dia??”.

Olan Siregar :
sampe hapal gw puter terus itu kaset, dui bingung pas denger ada yang hapal lirik take warning, nah dari sini kami sering diskusi soal musik dan band favorit, kebanyakan tentang genre punk dan ska. Gw suka banget dengerin kaset Vandals live fast diarrhea punya sepupu gw yang pacarnya anak punk dan Cuma tau band ska itu ya Mighty-Mighty Bostones gara-gara nonton filmnya Alicia Silverstone yang judulnya Clueless. Gw mulai tertarik dengan punk & ska karena pemaparan dari dui.
Yang lebih seru pas waktu mau nentuin nama band, sampe temen sekelas dilibatin, dari nama-nama seperti letters of credit, letters of intens, my blowfish is death, riska dan sampe cape gak sepakat juga akhirnya milih salah satu judul lagu dari operation ivy, healthybody sickmind, tanpa filosopi tertentu Cuma enak aja dengerin lagunya.

Pakwii a.k.a Dwi Parmudito :
akhirnya dia gabung di band ini, dan di masa inilah nama Healthybody dipilih dan melakukan debut panggung pertama dengan format, Dui (gitar / Vocal ), Bekti ( bass), Irwan (gitar), Adam ( drum) dan Olan (vocal).

Stage 2

Johndewa a.k.a Deny Wahyu
Kalo dari cerita gw sih awalnya karena sebangku bareng si Bekti, dia pemain bass pertama dari HBSM, waktu itu gw masih main punk rock dan rock 80’s, dan mainnya di daerah pondok bambu dan sekitaran harapan baru Bekasi Barat. Karena emang sebangku, jadi sering tukeran cerita soal musik dan band kita masing-masing, gw kenal Dui, Adam dan Olan dari cerita Bekti, cuman sekedar kenal dan tegur sapa tapi gak nongkrong bareng, gw jadi tau The Spesial dan Madness gara-gara Bekti, bahkan kaset rekamannya masih di rumah gw tuh, tapi udah ngayun keseringan di puter hahaha. Gw bilang ama Bekti kalo musik gini sih Bob Marley dicepetin hahahaha.

Kabul :
Kalo saya memang melihat secara langsung mulainya healthybody sickmind ini, karena emang jalan bareng sama band saya Artificial Life, si dui sering ikutan nongkrong sama anak-anak Artificial Life, bahkan sempet minta bantu main live perform sama Olan dan Adam. Kebetulan waktu itu Artificial Life punya pemain tiup anak-anak SATKORSIK di Cibubur.

Pakwii a.k.a Dwi Parmudito :
Barengan juga di waktu yang sama, band abang gw juga jalan, yaitu Artificial life, dari sini kita diperkenalkan dengan temen-temen dari SATKORSIK cibubur, yaitu Anto pemain trombone, dia adik kandung dari mas Edot yang main di Artificial Life, ada Eric juga yang pegang Trumpet, berikutnya Iqbal teman sekolah Irwan ikut gabung memainkan flugel horn, Disini kita nambahin nama jadi Healthybody & The Sickmind.

Johndewa a.k.a Deny Wahyu
Selepas SMA gw ikutan band di Cibubur, Billme, kebanyakan sih main punk rock, lagu ska punk koncian cuman satu “Hanna” dari The Chinkes. Di band ini gw ketemu sama Anto dan Iqbal, dia temen dari vokalis band gw, waktu itu Anto udah keluar dari Healthybody dan masuk ke Tipe-X, tapi mereka sempet bantu nge-gig di GOR rawamangun waktu itu. Trus waktu gw masuk ke IISIP, gw ketemu lagi sama Dui, jadi senior gw dia hahaha, nah disini gw lagi di band punk Target Operasi, di kampus gw sering nongkrong ama Dui, tuker info musik dan band masing-masing, nah disini gw mulai banyak terpengaruh sama musik Ska, karena banyak dikasih denger sampe data musiknya 5 gb sama Dui.

Edot T-bone :
Waktu itu saya sudah main di AFL, nah baru temen-temen Healthybody diperkenalkan sama Anto dan Erik, waktu itu mereka masih proses belajar niup alat, jadi seiring berjalan memang brass section dari AFL dan HBSM, tapi waktu itu saya diminta untuk rekaman di album pertamanya Tipe-X, tetapi saya memilih untuk jalan bareng dengan band saya sendiri yaitu Artificial Life, walhasil Anto masuk ke Tipe-X menggantikan saya.

Pakwii a.k.a Dwi Parmudito :
Selepas lulus SMU, Adam cabut ke Bandung untuk nerusin kuliahnya dan Anto hengkang ke Tipe-X untuk gantiin Mas Edot yang lebih konsen di Artificial Life. Dengan keluarnya mereka, kita mencari personil baru untuk tetap melanjutkan band ini agar tetap berjalan, Ryan masuk menggantikan Adam di drum dan Achonk yang merupakan teman dari Anto masuk bermain trumpet, juga ikut bergabung Adhi a.k.a Belek memainkan gitar dan Andi Asril yang temen satu sekolah ama gw ikut gabung niup saxophone, nah di formasi ini walau Cuma 4 bulan dari mei sampe September 99 kita sering banget nge-gig, dan ikutan di kompilasi chic pro, juga turut serta dalam “Skankin Compilation pada tahun 2000 dan Kompilasi “Sensasi Sprite” di tahun 2001. Setelah ini Ryan mulai jarang latihan karena mulai sakit-sakitan dan akhirnya meninggal dunia di tahun 2006, dan band pun vakum.

Stage 3

Pakwii a.k.a Dwi Parmudito :
Pas kita mau mulai aktif lagi barengan buka usaha di pekayon sebelah SMP gw, nah ini udah sama John Dewa nih, soalnya bekti kejauhan di Bangka Belitung, si Adam juga udah balik ke Jakarta soalnya udah lulus kuliahnya dia, dan olan juga udah balik Jakarta setelah kelar tugas luar kota, tapi tertunda karena Andi Asril sedang sakit keras, dan akhirnya meninggal di tahun 2009. Waktu itu gw sama achonk yang aktif di skena, gw gabung di the bosses barengan olan, tapi band ini juga mau vakum jadi gw mau idupin lagi HBSM, akhirnya tetep kita mulai main band lagi, waktu ini ada gw ( gitar / vocal), olan ( kibort/vocal), john dewa (bass/vocal), adam (drum) dan Iqbal (trumpet).

Kabul :
Setelah vakum lama dari Artificial Life, gw diajak Dui dan Johndewa untuk main di Healthybody, isi vocal dan main kibort, karena memang suka dengan lingkungan di band ini maka gw setuju untuk ikutan, dan malah setelah ini dapat rejeki menjadi guru seni musik sampe sekarang. Disini gw ngajak Edot, waktu itu dia masih di Souljah.

Edot T-bon :
Waktu diajak sama Kabul main di Healthybody mereka sudah mulai jalan dan udah main beberapa kali, mulai ikutan latihan di Kalisari, di studio rumahnya Deny alias Johndewa. Dan di band ini saya merasa nyaman karena rasa kekeluargaan yang tinggi, makanya sampai sekarang walau ngamen dimana-mana saya tetap berada di Healthybody Sickmind.

Pakwii a.k.a Dwi Parmudito :
Reunion perdana kita main bareng di acara pergerakan yang baru bangkit juga yaitu return of the root bois barengan monkey boots dan the authentic. Disini gw ama john dewa meminta mas Kabul dan mas edot untuk gabung di band ini, walaupun mas edot padat jadwal bareng Souljah. Dan akhirnya di format ini setelah sekian lama kita bikin album EP beat love and mood swinger di tahun 2010, di tahun ini kita dapet nominasi AMI award kategori karya cipta produksi terbaik band atau duo barengan Tony Q, Peron Satoe dan Putra Mbah Surip, dan juga bisa tampil di event PRJ dan event Nasional Solo City Jazz di tahun 2011 dan 2012. Nah abis ini pada vakum lagi dah, gw nikah, trus iqbal nikah dilanjut sama adam nikah, sampe masuknya ole lemos setelah dia keluar dari high moon. Sebenernya pas vakum 2012, loading rekaman untuk album berikutnya sudah rampung, tinggal nambah masuk tiupannya ole lemos di tahun 2014.

Johndewa a.k.a Deny Wahyu
Yaudah mulai dah kita berbenah diri, dan akhirnya bisa maksa handi karma alias jongay buat tandeman ole dan mas edot di team tiup HB, pas lagi berbenah diri ini akhirnya mas Kabul yang waktu itu sedang memulihkan kesehatannya, olan, adam dan iqbal hengkang agar tidak ganggu proses jalannya HBSM, terakhir rezky masuk, dia adalah drummer kenalan dari ole saat jamming di café di bekasi. Dengan format ini; Dui ( gitar /vocal), Johndewa ( bass/vocal), rezky (drum), mas edot (tbone), ole (saxo) dan jongay (saxo). Di format inilah band jalanin album walau jongay dan rezky gak ikutan loading di album ini, dan tour album akhirnya jalan se-jawa bali berjalan dan terakhir lounching di acara skacamp di ciawi bogor. Terakhir bergabung adalah si ivan supriadi gw tarik dari band pestipalan yang sering latihan di studio gw, nah ini format sekarang atau terkini 2018.


Stage 4

Healthybody Sickmind dengan formasi Pakwii, Edot, Ole, Jongay, Rezky, Ivan dan JD mulai menjalani lanjutan tour 2018 dan membuat acara yang bertajuk Ska Camp sebagai penutup dari tour album “akhirnya”.  Acara yang diadakan di daerah Bogor Jawa Barat ini juga sebagai louncing video klip Healthybody Sickmind yang berjudul “All I Know” yang diambil dari video footage mereka di tour 2018, acara ini di meriahkan oleh beberapa band ternama yaitu Monkey Boots, Jamaikarta dan The Madagaskar yang berlangsung satu hari satu malam dalam keriyaan yang sungguh hangat.

Dalam menyambut tahun 2019,Healthybody Sickmind sudah bersiap diri dengan beberapa materi yang akan dikeluarkan di tahun tersebut diatas, beberapa rencana sudah tersusun untuk melanjutkan langkah dan diawali dengan lounching video klip dari lagu yang berjudul “Tak Sempurna” salah satu lagu dari album sebelumnya yang berjudul “akhirnya”, walaupun dengan sangat disayangkan keluarnya Jongay A.K.A Handi Karma dan Rezky di dalam proses langkah baru ini tidak menyurutkan semangat dan profesionalisme Healthybody Sickmind dalam melanjutkan karya mereka, apakah dan bagaimana karya mereka di tahun 2020? mari kita tunggu dan nantikan bersama.

 

 

Adm. HBSM 2020


Comments